Minggu, 24 November 2013

TWITTER


Apa sih sebenarnya Twitter itu?

Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru (“apa yang sedang terjadi” yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari.
Apa Guna atau fungsi Twitter ini?
Twitter berisi informasi yang akan Anda anggap berharga. Pesan dari pengguna yang Anda pilih untuk Anda ikuti akan muncul di beranda Anda untuk Anda baca. Rasanya seperti dikirimi sebuah koran yang berita utamanya selalu Anda rasa menarik – Anda dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi Anda, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
Sebelum saya mengupas tuntas pengertian Twitter, cara menggunakan Twitter yang lebih efektif dan lain sebagainya, saya fikir saya harus menunjukkan dulu bagaimana cara mendaftar atau membuat akun Twitter yang akan saya tuliskan besok, jadi untuk hari ini baca dulu yang diatas dengan seksama (terutama tulisan yang sya garis bawahi) dan silahkan tinggal komentar bila ada yang kurang jelas.
 

Sejarah

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Pertumbuhan

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.

Secara Keseluruhan

Pesan

Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.
Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.

Konten Dalam Twitter

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Ikutan (Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit

Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)

Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Isi Kicauan

Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
  • Berita
  • Spam
  • Promosi diri
  • Celoteh tidak berarti
  • Percakapan
  • Nilai lewat-terus (pass-along)

Peringkat

Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Aplikasi pihak ketiga

Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity

Demografi

Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.

Kerahasiaan pribadi dan keamanan

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

Penggunaan Twitter di Indonesia

Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.

Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi


1 Votes

Apa situs microblogging yang nomor satu saat ini? semua orang pasti tertuju pada sebuah situs microblogging yang memiliki lambang burung berkicau, yaitu Twitter. Apa istimewanya twitter yang bahkan bisa mengalahkan jejaring sosial Facebook? Tampilannya yang sederhana dan juga hanya dibatasi 140 karakter saja mampu menjadikan Twitter sebagai situs microblogging terpopuler saat ini bahkan menjadi nomor 1 di negara Adidaya. Terutama bagi kalangan muda-mudi?
Dibuat oleh Biz Stone, Jack Dorsey dan Evan Williams pada 2006, Twitter membius dunia yang saat itu lagi demam situs microblogging yang bisa di isi Biodata Pribadi dan cara berteman dengan cara meng-add akun orang lain. Twitter ternyata tampil beda, Twitter benar-benar sederhana, hanya memberikan fasilitas pembaruan (tweet) dengan maksimum 140 karakter saja. Fasiitas pertemanannya pun menggunakan konsep Follow dan “ajaibnya” tidak dibatasi!! kita bisa memfollow berapapun orang yang kita inginkan dan di follow oleh berapapun jumlahnya, jutaan juga bisa (kalau kita terkenal). Dalam personalisasi dan cara registrasinya ternyata amat mudah dibanding jejaring sosial yang lain. Yang bisa di isikan dalam Twitter adalah nama lengkap, nick name yang di inginkan, foto profil dan alamat website. Sederhana banget kan??
Lalu apa yang dimaksud dengan Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi? karena kemudahan dalam update ditambah banyaknya aplikasi pihak ke-3 seperti TweetDeck, Domikado, UberTwitter, Twittai, Snaptu, Dabr atau juga milik Indonesia yaitu TuitWit, Twitter mampu menghadirkan informasi yang amat cepat yang dituliskan oleh peggunanya. Fasilitas Trending Topics atau topik yang paling banyak diperbincangkan menjadi salah satu ke istimewaan twitter, dan juga membuat kita tau isu terhangat. Topik dari Indonesia sering keluar masuk trending topik dari twitter yang menandakan bahwa pengguna twitter di Indonesia luar biasa banyaknya, seperti ketika uber & thomas berlangsung di Malaysia, ada 3 topik yang berhasil mejeng disana diantaranya adalah “Wasit Goblok” yang memang pada saat itu Indonesia dikalahkan Jepang di babak final, saya sendiri kaget.hehe
Pernah dengar RETWEET?? nah ini dia fasilitas yang paling keren sekaligus sensitif. Selain dapat mengulang tweet orang lain dan memberitahukannya pada Followers kita ternyata RT atau retweet mempunyai efek yang amat luar biasa. Hati-hati dalam mengupdate status di twitter. Kenapa? jika kita salah-salah update atau yang memancing kemarahan orang lain (kontroversial), tweet tersebut dapat “keliling dunia” tanpa kendali kita. Kenapa?? karena jika orang lain tertarik dan me-RT nya dan yang lain juga merasakan hal yang sama, tweet tersebut akan terus-menerus ter-RT bagai pesan beruntun di RT. Dan parahnya kita itu diluar kendali penulisnya karena dia gak mungkin bisa ngapus sementara itu tweet beserta nama dia sudah berjalan-jalan sehingga semua orang bisa liat. Parahkan??
Betapa hebatnya Twitter dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Informasi, sehingga seakan-akan tak ada lagi batasan informasi yang kita konsumsi..sehingga efek dari globalisasi amat terasa pintar-pintar kita memanfaatkannya. Belum punya twitter?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar